RPP AGAMA KATOLIK KLS VI SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Agama Katolik
Kelas/Semester            : VI /Ganjil
Standar Kompetensi   : Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidupan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkannya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar :

Memahami dan menyadari bahwa dirinya adalah warga negara Indonesia dan warga dunia

II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia
2. Siswa menjelaskan bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai hak dan kewajiban yang sama di hadapan Tuhan dan di dalam negara
3. Siswa menjelaskan arti hak dan kewajiban
III. Tujuan Pembelajaran :
1) Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti hak dan kewajiban.
2) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menyebutkan hak-hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia
3) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat memahami dan menyadari bahwa laki-laki dan perempuan mempunyai kedudukan yang sama di hadapan Allah dan di dalam negara sebagai warga negara Indonesia.

IV. Materi pokok :

Aku adalah warga Negara Indonesia

V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Deskripsi

VI. Kegiatan pembelajaran :

A. Pendahuluan :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi dan apersepsi
3. Guru menyampaikan kepada siswa tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pelajaran ini

B. Kegiatan inti :
1. Guru mengajak siswa untuk berdialod tentang keadaan Negara kita sekarang ini.
2. Guru meminta siswa untuk menyebutkan identitas kita sebagai warga Negara Indonesia
3. Guru memberikan penjelasan tentang makna hak dan kewajiban
4. Guru bertanyajawab dengan siswa tentang macam-macam hak dan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia
5. Guru memberikan penjelasan dan informasi tentang bagaimana kita menempatkan hak dan kewajiban kita sebagai warga negara

C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama materi yang baru dibahas
2. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana:
1. Indentitas diri/KTP
2. LCD
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas VI, pel 1. Aku adalah warga negara
Indonesia, Kanisius
3. UUD 1945

VIII. Penilaian:

1. Tes Tulis

@. Soal :
1. Jelaskan arti hak dan kewajiban!
2. Sebutkan hak dan kwajiban anda sebagai warga negara Indonesia!
3. Di antara hak dan kewajiban, mana yang harus didahulukan,? Berikan alasannya!
4. Buktikan bahwa Yesus juga taat pada kewajibanNya sebagai warga negara!

@. Skor :

no. 1: 3
2 : 5
3 : 4
4 : 4

@. Total skor : skor perolehan x 100
Total skor

Mengetahui,                                                                Timika, Juli 2012
Kepala Sekolah                                                          Guru Mata Pel,
———————————

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Agama Katolik
Kelas/Semester            : VI /Ganjil
Standar Kompetensi   : Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidupan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkannya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar :

Memahami dan menyadari bahwa dirinya adalah warga negara Indonesia dan warga dunia

II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan hubungan antar manusia di dunia
2. Siswa menjelaskan hubungan timbal balik antara negara
Indonesia dengan Negara lain
3. Siswa menjelaskan alasan Negara kita perlu bekerja sama
dengan Negara lain
III. Tujuan pembelajaran :
1) Melalui tanya jawa siswa dapat memberikan contoh hubungan yang terjadi antar-manusia di dunia dalam berbagai segi
2) Melalui mendengarkan penjelasan siswa menjelaskan hubungan timbal balik antara Indonesia dan bagian dunia lainnya dalam segala bidang
3) Melalui penjelasan siswa memahami bahwa dirinya adalah bagian dari dunia
4) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan bahwa semua manusia di dunia adalah umat Allah yang dicintai-Nya sebagai anak-anakNya.

IV. Materi pokok :

Aku adalah warga dunia

V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Penjelasan

VI. Kegiatan pembelajaran :

A. Pendahuluan :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi dan apersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pelajaran ini
B. Kegiatan inti :
1.Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang negara- negara di dunia
2.Guru menanyakan kepada siswa tentang hubungan dalam
bidang apa saja yang dibangun antar negara di dunia
3. Siswa menjawab pertanyaan guru
4. Guru memberikan masukan dan penjelasan tentang mengapa negara kita harus berhubungan dengan negara lain
C. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan bersama materi yang baru di bahas
2. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana:
1. Gambar peta dunia
2. Gambar Kepala Negara

B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas VI, pel 2. Aku adalah warga dunia
Kanisius
3. Seri Allah Memanggil Kita, Kanisius

VIII. Penilaian:

1. Tes lisan
@. Soal : 1. Sebutkan bidang kerjasama apa saja yang dibangun oleh negara kita dengan negara luar! (3)
2. Sebutkan alasan mengapa kita perlu bekerjsama dengan negara lain di dunia! (3)
3. Jelaskan alasan teologis mengapa kita kita perlu saling menghargai sesama warga dunia! (3)

@. Total skor : skor perolehan x 100
Total skor

Mengetahui,                                                              Timika, Juli 2012
Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pel,
—————————————-
====================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Agama Katolik
Kelas/Semester            : VI /Ganjil
Standar Kompetensi   : Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidupan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkannya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar :

Memahami dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janjiNya untuk menyelamatkan manusia melalui para nabi

II. Indikator :
1. Siswa dapat menjelaskan arti nabi
2. Siswa menjelaskan siapa tokoh Nabi Elia dan perjuangannya.
3. Siswa menjelaskan cara-cara Nabi Elia mengingatkan dan meyakinkan bangsa Israel untuk tetap setia kepada Allah
4. Siswa menyebutkan kesalahan Raja Ahab

III. Tujuan Pembelajaran :
1) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan arti dari kata nabi.
2) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan cara-cara nabi Elia mengingatkan dan meyakinkan bansa Israel untuk tetap setia kepada Allah.
3) Melalui mendengarkan bacaan Kitab Suci siswa dapat menyebutkan kesalahan raja Ahab dan rakyatnya
4) Melalui mendengarkan bacaan siswa dapat menyebutkan mujizat yang dialami oleh nabi Elia

IV. Materi pokok : Nabi Elia

V . Metode :
1. Membaca teks
2. Penjelasan/ deskripsi

VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan lisan sehubungan dengan materi yang sudah dibahas dalam pertemuan yang lalu
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan inti :
1. Guru memberikan penjelasan singkat tentang siapa itu nabi
2. Guru meminta siswa membacakan perikop Kitab Suci yang mengisahkan tentang nabi Elia
3. Guru meminta siswa untuk menceritakan kembalisecara singkat tentang pewartaan nabi Elia
4. Guru menanyakan beberapa pertanyaan untuk dijawab siswa
5. Siswa menjawab pertanyaan guru
6. Guru menyampaiakan informasi dan penjelasan lanjutan

C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama materi yang baru dibahas
2. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana:
1. Gambar Nabi Elia
2. LCD
B. Sumber belajar:

1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas VI, pel 5. Nabi Elia, Kanisius
3. Mengenal Tulisan Perjanjian Lama, Kanisius
4. Seri Allah Memanggil Kita, Kanisius.

VIII. Penilaian:

1. Tes Tulis
@. Soal : 1). Jelaskan pengertian dari Nabi!
2). Jelaskan suasana hidup keagamaan bangsa Israel pada masa nabai Elia berkarya!
3). Pada masa nabi Elia, Dewa apa yang disembah bangsa Israel?
4). Sebutkan mujizat yang dialami oleh nabi Elia ketika ia dimusuhi oleh Raja Ahab!
5). Peristiwa apakah yang membuat bangsa Israel berpaling kembali kepada Allah?
6). Apa hukuman Allah terhadap raja Ahab dan bangsa Yahudi karena menyembah berhala?
@. Skor: no 1: 3
2 : 4
3 : 2
4 : 4
5 : 3
6 : 3
@. Total skor : skor perolehan x 100
Total skor

Mengetahui,                                                          Timika, Juli 2012
Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pel,

————————————-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : VI /Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidupan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkannya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar :

Memahami dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janjiNya untuk menyelamatkan manusia melalui para nabi

II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan peringatan-peringatan Nabi Yesaya agar bangsa Israel bertobat.
2. Siswa menyebutkan nubuat nabi Yesaya bahwa Allah akan mengirimkan Juru Selamat
3. Siswa menyebutkan nubuat Nabi Yesaya tentang Allah yang selalu menyertai umatNya.
III. Tujuan Pembelajaran :
1) Melalui mendengarkan cerita siswa dapat menyebutkan kembali peringatan-peringatan kembali nabi Yesaya tentang Allah yang akan selalu menyertai umatNya.
2) Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan nubuat Nabi Yesaya tentang Allah yang akan selalu menyertai umatNya
3) Melalui mendengarkan penjelasan siswa menyebutkan nubuat Nabi Yesaya yang menyatakan bahwa Allah akan mengirim Juru Selamat
IV. Materi pokok : Nabi Yesaya
V. Metode :
1. Narasi
2. Tanya jawab
3. Deskripsi

VI. Kegiatan pembelajaran :

A. Pendahuluan :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi dan apersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru menceritakan kisah Nabi Yesaya
2. Guru meminta siswa menceritakan kembali kisah Nabi Yesaya
3. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang nabi Yesaya
4. Guru memberikan penjelasan dan informasi tentang nabi Yesaya
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama materi yang baru dibahas
2. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana:
1. Gambar Nabi Yesaya
2. LCD
B. Sumber belajar:
1. Buku siswa kelas
2. Buku siswa kelas VI, pel 6. Nabi Yesaya, Kanisius
3. Mengenal Tulisan Perjanjian Lama, Kanisius
4. Seri Allah Memanggil Kita, Kanisius.

VIII. Penilaian:

1. Tes tulis

@. Soal :
1). Apa isi peringatan yang diberikan nabi Yesaaya kepada bangsa Israel?
2). Nabi Yesaya mengungkapkan keprihatinannya terhadap hehidupan bangsa Israel yang menjauh dari Allah melalui nyanyian. Apa judul nyanyian nabi Yesaya?
3). Jelaskan suasana hidup bangsa Israel ketika nabi Yesaya berkarya!
4). Sebutkan ramalan nabi Yesaya yang paling terkenal!
5). Dalam diri siapakah ramalan nabi Yesaya tersebut menjadi kenyataan?

@. Skor : no. 1 : 3
no. 2 : 2
no. 3 : 4
no. 4 : 3
no. 5 : 2

@. Total skor : skor perolehan x 100
Total skor

Mengetahui,                                                  Timika, Juli 2012
Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pel,

————————————-

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Agama Katolik
Kelas/Semester            : VI /Ganjil
Standar Kompetensi   : Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidupan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkannya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar :

Memahami dan menyadari kesetiaan Allah akan memenuhi janjiNya untuk menyelamatkan manusia melalui para nabi

II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan tentang keserakan dan akibat keserakahan bagi manusia.
2. Siswa menyebutkan situasi masyarakat pada masa Nabi Amos
3. Siswa menyebutkan tugas-tugas Nabi Amos

III. Tujuan Pembelajaran :
1) Melalui tanya jawab siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang akibat dari keserakahan manusia
2) Melalui mendengarkan bacaan Kitab Suci siswa dapat menyebutkan situasi masyarakat pada zaman Nabi amos
3) Melalui mendnegarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan tugas-tugas Nabi Amos

IV. Materi pokok : Nabi Amos

V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Deskripsi

VI. Kegiatan pembelajaran :

A. Pendahuluan : 1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi dan apersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari ini

B. Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa menceritakan situasi keserakahan yang dilakukan oleh manusia dewasa ini
2. Guru meminta siswa membacakan kisah Nabi Amos
3. Guru meminta siswa menceritakan kembali kisah Nabi Amos
4. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kisah nabi Amos
5. Guru memberikan penjelasan dan informasi

C. Penutup :
1. Guru bersama murid membuat kesimpulan bersama tentang materi yang baru dibahas
2. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana:
1. Gambar Nabi Elia
2. LCD
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas VI, pel 7. Nabi Amos, Kanisius
3. Mengenal Tulisan Perjanjian Lama, Kanisius
4. Seri Allah Memanggil Kita, Kanisius.

VIII. Penilaian:

1. Tes tulis

@. Soal : 1). Jelaskan suasana hidup bangsa Israel pada saat nabi Amos berkarya!
2). Apa isi seruan nabi Amos kepada kepada bangsa Israel?
3). Kecurangan terbesar apa yang dilakukan bangsa Israel di hadapan Allah?
4). Sebutkan 3 contoh tindakan anda dalam mencontohi sikap nabi Amos!

@. Skor: No. 1 : 4
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 4

@. Total skor : skor perolehan x 100
Total skor

Mengetahui,                                                                            Timika, Juli 2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pel,

————————————-

=============================================
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Agama Katolik
Kelas/Semester            : VI /Ganjil
Standar Kompetensi   : Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidupan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkannya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar :

Memahami bahwa Allah membimbing Israel pulang dari pembuangan dan kerinduan Israel akan kedatangan Mesias

II. Indikator :
1. Siswa mengungkapkan pengalaman ditahan dan dibebaskan
2. Siswa menjelaskan tindakan Allah yang berbelaskasihan kepada Bangsa Israel
3. Siswa menyebutkan tokoh yang membebaskan Israel dari tempat pembuangan

III. Tujuan Pembelajaran :
1) Melalui sharing pengalaman siswa dapat mengungkapkan pengalaman mendapat hukuman dan dimaafkan
2) Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan tindakan Allah yang berbelaskasih kepada bangsa Israel
3) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan bahwa Allah bisa berbuat baik kepada manusia melalui orang-orang pilihanNya
4) Melalui membaca cerita Kitab Suci,siswa dapat menyebutkan tokoh yang membebaskan Israel dari pembuangan
5) Melalui membaca teks Kitab Suci siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang memimpin pembangunan kembali Israel

IV. Materi pokok : Israel pulang dari pembuangan
V. Metode :
1. Sahring
2. Penjelasan
3. Membaca cerita Kitab Suci

VI. Kegiatan pembelajaran :

A. Pendahuluan :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi dan apersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa menceritakan pengalaman ketika mendapat hukuman dan dimaafkan
2. Guru meminta siswa membaca teks Kitab Suci : kisah Israel pulang dari pembuangan
3. Guru meminta siswa menceritakan kembali kisah Isarel pulang dari pembuangan
4. Guru bertanya kepada siswa tentang beberapa point penting dari bacaan Kitab Suci
5. Guru memberikan penjelasan dan informasi

C. Penutup :
1. Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama tentang materi yang baru dibahas
2. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana:
1. Gambar pengungsi
2. LCD
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas VI, pel 8. Isarel Pulang Dari Pembuangan.Kanisius
3. Mengenal Tulisan Perjanjian Lama, Kanisius
4. Seri Allah Memanggil Kita, Kanisius.

6. Penilaian:

1. Tes tulis
@. Soal:
1). Berapa lamakah bangsa Israel tinggal di pembuangan?
2). Mengapa bangsa Israel dihancurkan musuh dan ditawan?
3). Siapakah tokoh yang dipakai Tuhan untuk membebaskan Isarel dari pembuangan?
4). Mengapa Tuhan mau membebaskan Israel dari pembuangan?
@. Skor :
No. 1 : 2
No. 2 : 4
No. 3 : 2
No. 4 : 4

@. Total skor : skor perolehan x 100
Total skor

Mengetahui, Timika, Juli 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pel,

————————————-

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Agama Katolik
Kelas/Semester            : VI /Ganjil
Standar Kompetensi   : Memahami perjuangan tokoh-tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus sebagai tokoh puncaknya dan dilanjutkan para pengikut Kristus (Gereja) dalam upaya membangun kehidupan masyarakat sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka mampu mewujudkannya dalam kehidupan mereka sebagai masyarakat.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar :

Memahami bahwa Allah membimbing Israel pulang dari pembuangan dan kerinduan Israel akan kedatangan Mesias

II. Indikator :
1. Siswa menceritakan pengalaman ingin mendapat pertolongan dari orang lain
2. Siswa menjelaskan siapa Mesias yang dirindukan Israel
3. Siswa memberikan alasan mengapa Israel merindukan Mesias
III. Tujuan Pembelajaran :
1) Melalui sharing pengalaman siswa dapat menceritakan kisah kerinduan manusia pada seorang penyelamat atau pembebas
2) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan siapa Mesias yang dirindukan bangsa Israel
3) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan siapa Mesias yang sebenarnya menurut keyakinan Kristiani
4) Melalui mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan mengapa bangsa Israel merindukan Mesias
IV. Materi pokok :

Umat Israel merindukan Mesias

V. Metode :
1. Deskripsi
2. Sharing

VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Pendahuluan :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi dan apersepsi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B. Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa membagikan pengalamannya kepada teman tentang kerinduannya akan seorang penolong saat mengalami kesulitan
2. Guru bertanya kepada siswa tentang kisah Isarel merindukan Mesias
3. Siswa menjawab pertanyaan guru
4. Guru memberikan penjelasan tentang arti mesias menurut keyakinan Israel dan keyakinan Kristiani
5. Guru meberikan penjelasan tentang alasan manusia merindukan seorang penyelamat

C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menarik kesimpulan dari materi yang dibahas hari ini
2. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana:
1. LCD
2. Gambar tentang menolong sesama

B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas VI, pel 9. Umat Israel merindukan
Mesias, Kanisius
3. Mengenal Tulisan Perjanjian Lama, Kanisius
4. Seri Allah Memanggil Kita, Kanisius.

VIII. Penilaian:

1. Tes tulis
@. Soal :
1). Mengapa bangsa Israel merindukan Messias?
2). Siapakah Messias menurut bangsa Israel?
3). Siapakah Messias menurut umat Kristiani?

@. Skor:
1). No. 1 : 4
2). No. 2 : 3
3). No. 3 : 3

@. Total skor : skor perolehan x 100
Total skor

Mengetahui, Timika, Juli 2012
Kepala Sekolah Guru Mata Pel,

————————————-

 

About these ads